Senin, 06 Juli 2009

Warga Cangkuang Akan Miliki Masjid Besar

pikiran-rakyat.com. SOREANG, (PRLM).- Keinginan warga Kec. Cangkuang untuk memlliki masjid kecamatan (masjid besar) akan segera terwujud. Setelah mendapat suntikan dana dari Pemkab Bandung dan organisasi non pemerintah (NGO/LSM) Qatar Charity membuat masjid tersebut dikebut pembangunannya.

Masjid Besar Cangkuang yang berada di Desa Nagrak depan Perum Sanggar Indah Banjaran itu masih terus dibangun. Saat ini para pekerja sedang memasang besi-besi di lantai dua yang nantinya akan dibeton.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kec. Cangkuang, Kiai Odang, Pemkab Bandung memberikan bantuan untuk setiap pembangunan masjid besar kecamatan sebesar Rp 100 juta. “Namun, kami kurang mengetahui jumlah bantuan Pemkab Bandung tersebut. Biar lah panitia pembangunan yang mengurusnya,” katanya.

Sedangkan bantuan dari Qatar Charity sebesar Rp 281 juta yang rencananya untuk menyelesaikan pembangunan satu lantai masjid tersebut. "Alhamdulillah panitia pembangunan Masjid Besar Cangkuang mendapat darah segar berupa dana dari Qatar," katanya.

Lokasi masjid besar Kec. Cangkuang bisa diakses dari Jln. Desa Ciluncat lalu ke arah pintu masuk Perum Sanggar Indah Banjaran. Lokasi masjid besar berada di areal perumahan termasuk dapat dimanfaatkan warga Perumnas Parahyangan Kencana.

“Masjid besar berdampingan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Cangkuang. Sejak akhir tahun 2008 lalu KUA sudah melayani masyarakat sehingga tak perlu lagi mengurus pernikahan ke KUA Banjaran," ucapnya.

Rencananya Masjid Besar Cangkuang seluas 1.000 meter persegi (m2) akan dibangun dua lantai yang dilengkapi dengan fasilitas pendidikan agama seperti madrasah. “Selain dari Pemkab Bandung dan Qatar Charity, Masjid Besar Cangkuang juga memperoleh bantuan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kab. Bandung, para PNS, dan masyarakat Muslimin Kab. Bandung terutama Kec. Cangkuang,” ucapnya.

Nantinya Masjid Besar Cangkuang tidak sebatas tempat salat melainkan juga menjadi pusat kegiatan dan pembinaan masyarakat. “Masjid juga menjadi tempat pendidikan anak-anak, generasi muda, dan orangtua apalagi tak jauh dari masjid terdapat SMPN 1 Cangkuang,” katanya. (A-71/A-147)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar